Skip to main content

Posts

Showing posts from February, 2011

#ganaik

Oke, sebenarnya ini twit series aja. Tapi biar lebih abadi gue copas di notes aja, sekalian supaya bisa dinikmatin yang ga punya Twitter. Hope you like it. :)

Bagi adik2 yg masih SMA, gue mau nge-twit tentang analisis ekonomi kerugian kuantitatif tidak naik kelas. #ganaik

1. Buat yang bilang hilang usia setahun gak rugi apa2, cobalah dipikir lagi. Rugi loh kalo dihitung2. #ganaik

2. Asumsi utama, usia pensiun sama. Taruhlah 65 tahun, misalnya. Ceteris paribus. #ganaik

4. Jadi kalo #ganaik, kita akan rugi pendapatan 1 tahun terakhir kita, yang paling besar di antara pendapatan2 kita.

5. Inflasi tidak perlu dianggap karena toh gaji ikut naik seiring inflasi. Jadi bicara tingkat harga skrg aja. #ganaik

6. Taruhlah kita sukses (harus dong), pendapatan sebulan 50 jt. Artinya setahun itu kita kehilangan 600 jt rupiah. #ganaik

7. Itulah cost yang harus kita bayar kalau kita #ganaik kelas. Memang asumsinya banyak, tapi intinya begitu. Lumayan kan.

Waduh nomer 3 ketinggalan. Intinya: cet par --> ga…